Selasa, 30 Oktober 2012

Hantaran, Seserahan, Mahar Pernikahan Istimewa by Sekar Melati Wedding Planner Yogyakarta

Seserahan atau hantaran pernikahan adalah merupakan salah satu prosesi sakral dalam pernikahan yang dilaksanakan dan diberikan oleh mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan yang merupakan bentuk simbolik tanggung jawab seorang suami kepada seorang istri. Dalam adat pernikahan di Jawa, seserahan diberikan pada saat malam sebelum akad nikah, yaitu pada acara malam midodareni. Tetapi ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan ataupun pada saat lamaran.

Seserahan, hantaran pernikahan bisa berupa barang ataupun uang tunai. Barang -barang atau uang seserahan itu biasa disebut sebagai mas kawin atau mahar. Dalam bahasa jawa seserhan ini berisi " sepengadek" barang-barang yang dibutuhkan atau dipakai mempelai perempuan. Jumlah ataupun jenis hantaran menurut adat jawa jumlahnya ganjil bisa berjumlah 5,7,11. Tetapi karena perkembangan zaman jumlah hantaran ini disesuaikan atas kesepakatan bersama, pengantin perempuan juga bisa memilih sendiri barang-barang yang digunakan untuk seserahan.

1. Seperangkat alat sholat yang berisi : Mukena, Sajadah, Alquran, dan Tasbih
2. Seperangkat pakaian berisi : Kebaya & Kain/Jarik atau Baju Kerja
3. Perlengkapan mandi yang berisi : Handuk, Sabun, Shampo, Lulur, Sikat Gigi, dll
4. Seperangkat Make Up : Bedak, Pelembab, Eye Shadow, Maskara, Blush On, Pensil Alis, Parfum, dll
5. Tas kerja & Sepatu kerja / Tas pesta & Sepatu pesta
6. Pakaian dalam & baju tidur
7. Perhiasan berupa Cincin, Kalung, Gelang, Anting-anting.
8. Makanan : Buah, Kue Taart, Kue Kering.
9. Uang tunai.
10. Pesing atau kain jarik untuk kakek atau nenek apabila masih ada.
11. Dll sesuai keinginan calon mempelai wanita

Seiring perkembangan zaman, mahar pernikahan ini tidakdiberikan begitu saja. Artinya mahar tidak hanya dilihat dari nilai besar kecilnya akan tetapi juga dilihat dari bentuk dan penampilanya. Misalnya mahar uang tunai akan lebih berkesan jika lembaran-lembaran uang sebagai mahar itu dibentuk menyerupai sesuatu yang unik dan mempunyai nilai folosofi bagi pasangan pengantin.

Hantaran pernikahan akan lebih cantik dan menarik bila dikemas lebih kreatif. Oleh sebab itu Sekar melati yogyakarta siap membantu anda untuk mengemas barang-barang hantaran secantik mungkin untuk dipersembahkan bagi pasangan anda. Hantaran pengantin yang elegant, cantik, dan menarik pasti akan membuat pasangan anda menjadi lebih bahagia dan menambah spesial hari pernikahan yang hanya dilakukan sekali seumur hidup anda.. Jadikan hari pernikahanmu lebih berkesan dan tidak anda lupakan seumur hidup anda.

Hanya di Sekar Melati Wedding Planner Yogyakarta.
Alamat jl. Hos cokroaminoto Tompeyan Tr3 no 50 yogyakarta.
Tlp 085640506087
PinBB 290B3613
Email: litayaniva87@gmail.com




2 komentar: